Empat Provinsi Kini Basis KKL Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Nasional
Saturday, 28th November, 2020 | 893 Views

 

KULIAH KERJA LAPANG (KKL) tahun akademik 2020/2021 saat ini sedang dilaksanakan oleh Universitas Nasional (Unas) di empat provinsi. Pelaksanaan KKL tersebut diikuti sebanyak 39 mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Nasional (Unas) angkatan 2017. Keempat provinsi itu adalah Sulawesi Barat, Jawa Barat (Jabar, Kabupaten Sukabumi), Bangka Belitung dan Sumatera Utara (Sumut,Kabupaten Kepulauan Nias).

     Menurut Dosen Pembimbing KKL Unas Ir Asmah Yani,MSi, pada semester ini ada 4 provinsi yang menjadi tempat KKL mahasiswa Fakultas Pertanian Unas. Pertama, di Sukabumi diikuti sebanyak 32 mahasiswa, Sulawesi Barat diikuti dua mahasiswa, Belitung diikuti tiga mahasiswa dan Nias diikuti dua mahasiswa.

    Ia menambahkan bahwa KKL dilakukan dengan pola turun ke tengah masyarakat umum maupun ke instituasi penelian dan juga sistem magang di instansi. Untuk wilayah Provinsi Jabar lokasi utama KKL berada di Desa Undrus Binangun, Kecamatan Kududampit, Kabupaten Sukabumi. Selama KKL mahasiswa dan dosen pembimbing menginap di rumah warga sekitar.

    “Aktivitas yang dilakukan selama 10 hari ialah melakukan kajian sesuai bidang yang diminati oleh mahasiswa. Selain itu, mahasiswa juga melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), mengadakan bakti sosial, serta kegiatan bersih lingkungan,” demikian penjelasan Asmah.

      Asmah menyebutkan bahwa KKL semester saat ini seharusnya dilakukan pada bulan Juni 2020. Namun, karena situasi pandemi Covid-19, maka KKL baru bisa dilakukan pada tanggal 3 hingga 12 November 2020. Sebelum terjun ke lapangan, mahasiswa juga telah melakukan rapid tes. Berhubung KKL itu dilaksanakan dalam masa pandemi korona, maka sebelum ke lapangan semua peserta harus melakukan rapid tes.

      Sementara itu selama melakukan kajian lapangan, mahasiswa diharuskan membuat laporan yang akan dipresentasikan secara daring di seminar KKL pada 2-4 Desember 2020 mendatang. Kegiatan KKL di Sukabumi didampingi oleh dosen pembimbing  Ir Asmah Yani, MSi yang sekaligus Dosen Fakultas Pertanian dan Ir Yenisbar, MSi. Sementara di tiga provinsi lainnya, mahasiswa  dibimbing oleh Ketut Indrayana, STP di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Barat, Isa Gulo, SP di Kepulauan Nias, Sumatera Utara dan Ramonda, SKom di Belitung. *sembada/unas-nis

komentar

You must be logged in to post a comment.

plaza kemitraan

  JUDUL TERSEBUT DI atas sangat menarik disimak. Bahwa para petani punya utang atau hutang sudah jamak diketahui. Tetapi, misalnya mengapa Dewan Perwakilan Rakyat Republik

Pengantar Redaksi: KONON SAAT INI di Indonesia tidak ada daerah atau desa yang menerapkan pertanian hamparan luas dengan pola pengolahan tanah hingga pemasaran. Satu-satunya yang