Hingga Lebaran Mendatang Bahan Pangan Pokok di DKI Jakarta Sudah Aman
Monday, 25th April, 2022 | 181 Views

DARI MONITORING HARGA dan ketersediaan pangan di beberapa pasar di wilayah DKI Jakarta hingga hari ke-18 ramadhan disimpulkan aman. Bahkan tetap aman hingga Lebaran. Monitoring di beberapa pasar tradisional itu dilakukan oleh Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Tanaman Pangan, Ditjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian.

   Pengecekan dilakukan melalui kunjungan langsung dan wawancara dengan  beberapa pedagang di Pasar wilayah DKI.  Hasil wawancara dengan beberapa pedagang, bahan pokok seperti beras, telur, daging sapi, daging ayam, bawang merah, bawang putih, cabe merah besar, cabe rawit merah terpantau aman.

   Harga beras umum kelas premium  11.000 rupiah per kilogram (kg).  Beras premium khusus seperti pandan wangi 14.000 rupiah per kg.   Beras medium curah bervariasi tergantung dari varitas beras.  Harga beras medium berkisar  8.000 rupiah per kg hingga 10.000 rupiah per kg.  Pasokan beras juga tidak ada kendala.  Pasokan telur ayam di pasar Minggu Jakarta Selatan terpantau aman.

  Harga telur ayam 24.000 rupiah per kg sedikit mengalami peningkatan dibandingkan pada awal ramadhan.  Kenaikan telur ayam masih dalam batas wajar.   Daging ayam 40.000 rupiah per kg dan pasokan daging ayam juga terpantau aman.  Diharapkan sampai dengan hari Raya Idul Fitri 1443 H pasokan daging ayam tetap terjaga dan peningkatan harga masih dalam batas wajar.

   Daging sapi lokal segar kelas 1 di Pasar Minggu Jakarta Selatan  140.000 rupiah per kg turun sekitar 1.000 rupiah per kg dibanding  minggu sebelumnya.  Daging sapi beku relative lebih murah, yaitu 120.000 rupiah per kg. Untuk sayuran seperti cabe rawit merah adalah 30.000 rupiah per  kg turun dibandingkan minggu sebelumnya yang sudah mencapai 40.000 rupiah per kg.

    Harga bawang merah adalah 35.000 rupiah per kg turun dibandingkan minggu sebelumnya yang sudah 38.000 rupiah per kg.   Minyak goreng curah kemasan sederhana seharga 22.000 rupiah per liter (ltr), sedangkan yang kemasan premium seharga 25.000 rupiah per ltr. Para pedagang  tahu tempe sekaligus pengrajin mneginformasikan bahwa harga tempe adalah 6.000 rupiah per papan, sedangkan tahu dengan seharga  6.000 rupiah  per 10 biji. Pasokan kedelai sebagai bahan baku tahu dan tempe relatif aman, namun harga kedelai memang cenderung naik.

   Sampai dengan dua minggu setelah lebaran, Tim Pengawalan Direktorat PPHTP  bersama dengan Dinas Ketahahan Pangan, Perikanan dan Pertanian DKI akan terus melakukan monitoring ketersediaan dan harga bahan. Diharapkan ketersediaan dan harga bahan-bahan pokok di wilayah DKI tetap aman dan terkendali. *sembada/henry/rori

komentar

You must be logged in to post a comment.

plaza kemitraan

  HEMAT KAMI KINI condong untuk mengatakan bahwa frase mimpi  tidak lagi saat tidur. Bisa saja saat kerja atau saat minum kopi. Atau saat bergurau

PENGUATAN PENINGKATAN KAPASITAS Sumber Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menghadapi era digital, global dan industri 4.0 serta social 5.0 telah menjadi keteguhan sikap atau commitment